Memilih Makanan yang Baik saat Masa Kehamilan

image

 

Ketika kamu hamil, nutrisi makanan yang kamu makan berperan penting untuk kondisi tubuhmu dan bayimu. Nutrisi makanan juga dapat sangat membantu memperlancar persalinan. Citimami akan memberitahumu nutrisi apa saja yang penting untuk dikonsumsi:

Protein

Protein adalah penyusun tubuh manusia yang utama sehingga protein juga sangat penting bagi perkembangan tubuh bayi dalam masa kandungan. Protein ada pada makanan yang dengan mudah didapat seperti:

Tahu
Makanan ini mengandung protein yang sangat tinggi karena terbuat dari kacang kedelai yang memang kaya akan protein. Tahu juga bebas kolesterol dan dapat menambah rasa dan kenikmatan saat makan.
Ikan
Di Indonesia, kita dapat dengan mudah mendapatkan berbagai jenis ikan untuk kita konsumsi dan kebanyakan ikan di Indonesia bagus untuk kesehatan. Kamu hanya perlu untuk memperhatikan kesegaran dan kondisi ikan yang kamu beli di pasar. Jika kamu suka makan ikan laut, ikan laut yang telah dibekukan terasa enak dan masih bernutrisi baik bagi kamu dan bayimu.
Sayuran Hijau
Jangan ragukan manfaat dari sayuran hijau. Bayam dan brokoli adalah sumber protein yang sangat baik. Jika kamu tidak ingin mengunyah sayuran hijau yang keras, kamu juga bisa memilih jagung atau kentang. Sayuran juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan.
Daging (pilihan lain)
Jika kamu suka makan daging, kamu bisa memilih daging apa saja yang kamu suka. Hanya saja, jangan memakan daging terlalu banyak. Daging apapun juga memiliki protein yang juga baik bagi tubuh asal dikonsumsi dengan tidak berlebihan karena lemak pada daging juga tinggi dibandingkan dengan makanan lainnya.
Seafood (pilihan lain)
Wow! Seafood memang enak sekali, tapi hati-hati, beberapa makanan dari kategori seafood bisa mengakibatkan alergi pada bayimu.

Vitamin dan Mineral

Dua zat ini tidak akan mengenyangkan ataupun membuatmu gemuk tapi bisa sangat berguna untuk kesehatan tubuh kamu dan menjauhkanmu dari penyakit. Vitamin dan mineral ada pada makanan yang dengan mudah didapat seperti:
Sayuran
Sayuran juga banyak mengandung vitamin dan mineral. Jadi, mengkonsumsi sayuran sangatlah penting suka atau tidak. Sangat pentingnya sehingga kamu HARUS mengkonsumsinya setiap hari ketika dalam tiga bulan pertama masa kehamilanmu karena sayuran hijau diperlukan untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayimu.
Buah
Mudah sekali mendapatkan buah di negara tropis seperti Indonesia ini, jadi sangat mudah juga bagi kamu untuk mengkonsumsinya sebagai makanan penutup atau sebagai cemilan dibandingkan dengan junk food atau cheese cake.
Biji-Bijian
Biji-bijian seperti beras, kacang, gandum dan oat mengandung banyak sekali nutrisi. Kamu bisa dengan mudah merancang resep-resep baru yang enak dengan bahan ini agar tidak merasa jemu.
Serat
Beberapa ibu hamil akan mengalami susah buang air besar, terkadang hingga 3-5 hari sekali baru bisa buang air besar. Padahal buang air besar setiap hari sangat penting karena racun dan zat-zat sisa makanan akan terbuang setiap hari juga lewat kotoran kita. Namun dengan serat, para ibu tidak perlu khawatir dengan masalah pencernaan ini.

Jadi, setelah melihat berbagai macam makanan yang harus dikonsumsi, para ibu tidak perlu takut lagi kekurangan nutrisi bahkan tidak perlu takut lagi ketika tubuh ibu hamil mulai menjadi lebih gemuk karena itu hal yang wajar.
Namun, ada beberapa rentang berat badan yang direkomendasikan bagi ibu hamil berdasarkan BMI (body mass index)-nya yaitu:

  1. Ibu dengan BMI < 18 (kurus) wajar jika berat badannya meningkat sebanyak 12-18kg selama kehamilan.
  2. Ibu dengan 18 < BMI < 25 (langsing) wajar jika berat badannya meningkat sebanyak 11-16kg selama kehamilan.
  3. Ibu dengan 25 < BMI (gemuk) wajar jika berat badannya meningkat sebanyak 6-11kg selama kehamilan.
  4. Jika kamu beruntung mendapatkan bayi kembar, penambahan berat badan yang wajar adalah penambahan sebanyak 3-6kg lagi.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s