Bagaimana Cara Mengetahui Bayimu Sudah Cukup Minum ASI?

image

Jika kamu, para ibu, memberikan bayi kalian ASI secara langsung, tanpa menggunakan botol, mungkin kamu tidak dapat mengetahui apakah bayimu mendapatkan ASI yang cukup atau tidak, apakah bayimu kenyang atau belum.

Citimami akan berbagi tips untuk mengetahuinya:

  1. Payudaramu terasa lebih lembut setelah menyusui karena bayimu telah meminum ASI yang sebelumnya telah mengisi tempat di dalam kelenjar susu di dalam payudaramu.
  2. Setelah kenyang, bayimu akan terlihat lebih lega dan tenang.

Pada hari-hari pertama kelahirannya, ketika bayimu pertama kali menyusu/meminum kolostrum yang kental, bayimu bisa jadi hanya buang air kecil satu atau dua kali sehari. Namun, ketika bayimu mulai meminum ASI tanpa kolostrum, bayimu akan buang air kecil hingga enam sampai delapan kali sehari jika menggunakan popok kain. Kalau bayimu menggunakan popok sekali pakai, bayimu hanya akan membasahi popoknya lima sampai enam kali sehari karena popok sekali pakai memiliki daya tampung yang tahan lebih lama dibanding popok kain.

Pada bulan pertama kelahirannya, bayimu akan buang air besar mulai dari tiga kali sehari dan kotorannya berwarna kuning seperti mustard setelah hari kelima kelahirannya.

Sumber: http://goo.gl/IecKf3

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s