Cara Menyimpan ASI

image

Hai! Kali ini, Citimami ingin berbagi kiat-kiat menyimpan ASI. Dari pengalaman dan informasi yang Citimami kumpulkan, mami dapat menyimpan ASI dengan metode “333″:

  1. ASI yang baru dipompa bisa disimpan pada suhu ruangan selama 3 jam, kalau sudah lewat dari 3 jam sebaiknya dibuang saja karena tidak akan segar lagi, juga mengingat suhu di Indonesia yang temperaturnya lumayan tinggi.
  2. ASI yang disimpan di kulkas bagian bawah bisa bertahan selama 3 hari. Ingat! Simpanlah ASI di bagian belakang kulkas, jangan letakkan dekat dengan pintu kulkas karena kita sering membuka kulkas, temperatur pasti sering berubah.
  3. ASI yang disimpan di freezer kulkas / kulkas bagian atas (kurang dari -18 derajat) bisa bertahan sampai dengan 3 bulan.

Note:

  1. ASI yang sudah kita berikan kepada bayi kita apabila bersisa, tidak boleh disimpan kembali karena sudah tercampur air liur bayi dan bisa menyebabkan bakteri. Jadi, agar tidak ada ASI yang terbuang, sebelumnya kita bisa menakar dulu kira-kira bayi kita minum seberapa banyak dan sisa ASI-nya dapat kita simpan di kulkas kembali.
  2. ASI yang di kulkas pada temperatur yang sama dapat digabungkan menjadi satu. Tetapi ASI yang baru dipompa tidak boleh digabungkan dengan yang ada di kulkas karena temperaturnya berbeda. Contoh: di kulkas ada 3 botol 30 cc, setelah temperaturnya sama boleh digabung menjadi 90 cc dan disimpan di freezer (dengan catatan ASI yang disimpan tidak lewat dari 3 hari).
  3. Panaskan ASI menggunakan air hangat kira kira 50 derajat Celcius, jangan menggunakan microwave.
  4. Apabila menggunakan stok ASI di freezer, sehari sebelum pemakaian, turunkanlah dulu stok ASI ke kulkas bagian bawah (tidak boleh lebih dari 12 jam), ASI bisa mencair terlebih dahulu, baru kemudian boleh dihangatkan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s