Manfaat Cerita atau Dongeng untuk Bayi

image

Ada anggapan bahwa karena bayi masih belum mengerti kata-kata di awal kelahirannya maka dongeng menjadi sesuatu yang sia-sia, bukan seperti itu. Malahan, para dokter akan segera merekomendasikan aktivitas membaca dongeng untuk anak-anak.

Bagaimana?

The American Academy of Pediatrics (AAP) mengumumkan bahwa aktivitas literatur akan berdampak besar bagi perkembangan pada awal kelahiran bayi. AAP juga meminta seluruh 62.000 anggotanya yang terdiri dari para dokter anak untuk membacakan dengan keras setiap kali ada pasien bayi yang datang.

Apa untungnya?

Berdasarkan pada pengumuman peraturan baru ini, membacakan cerita untuk bayimu dapat merangsang perkembangan otak bayi secara optimal dan memperkuat hubungan antara orangtua dan anaknya. Kemampuan berbahasa, literatur dan sosial secara emosional, juga akan berkembang seiring aktivitas mendongeng ini.

Pada umur tiga tahun, anak-anak ini akan lebih lancar untuk berkomunikasi daripada anak-anak lainnya yang tidak mendapatkan asupan cerita sepanjang perkembangan umur mereka. Ketika saatnya masuk sekolah, mereka juga akan memiliki pemahaman yang lebih tentang membaca dan kosakata yang jelas karena mereka sudah pernah mendengarnya berulang kali dari saat kelahiran mereka.

Hambatannya?

Ada hambatan yang terjadi dikarenakan perbedaan kemampuan ekonomi setiap keluarga yang jauh berbeda. Untuk orangtua yang jauh lebih kaya, 60% dari mereka akan mendedikasikan waktu cerita untuk anak mereka. Sementara untuk keluarga menengah ke bawah, hanya 20% saja yang akan melakukan hal yang sama untuk anaknya.

Tentu hal ini pun menjadi rencana dari AAP untuk menyetarakan kesempatan menerima kegiatan dongeng bagi seluruh anak dimulai dari menyediakan layanan buku murah yang tersedia di seluruh klinik anak di Amerika Serikat.

Citimami juga setuju sekali dengan aktivitas membacakan cerita untuk anak, bisa dilakukan sebelum tidur, saat bersantai atau ketika menyusui. 

Di postingan selanjutnya, Citimami akan memberitahukan kiat-kiat membacakan cerita untuk anak, apa saja sih buku yang direkomendasikan dan bagaimana juga meneruskan kebiasaan ini hingga mereka besar nanti.

Sumber: http://goo.gl/UD6sKH

Nah, apakah mami menyediakan waktu untuk membacakan cerita atau dongeng untuk anak-anakmu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s