Cara dan Tips Membacakan Cerita untuk Anak

image

Di postingan sebelumnya, Citimami telah membahas manfaat penting dari membacakan cerita atau dongeng untuk bayimu dan kali ini mami bakal tahu cara dan tips membacakan cerita untuk anakmu.

image

Kapan?

Waktu yang tepat untuk mulai membacakan cerita untuk anak adalah dari masa kehamilan. Believe it or not, bayi dalam kandungan sudah bisa mendengarkan suara-suara dari dalam perut ibu. Jadi, membacakan cerita bisa bermanfaat walaupun bayimu belum lahir. Sejak masa awal kelahirannya, bayi tetap bisa menerima manfaat dari mendengarkan cerita walaupun dia masih belum bisa mengerti satu potong katapun.

image

Buku apa yang direkomendasikan?

Pada bulan-bulan awal kelahiran bayimu, dia lebih bisa memahami ritme dari suara yang mami hasilkan daripada arti dari kata-katamu. Sehingga buku anak-anak apa saja bagus untuk bayimu sepanjang kamu membuat aktivitas ini menarik seperti dengan mengulang-ulang kalimat, mengubah intonasi suara yang berbeda untuk karakter yang berbeda. Kamu juga bisa membacakan koran, majalah atau novel yang kamu suka.

image

Bagaimana dengan lagu dan audiobook?

Sepanjang hal-hal yang didengarkan oleh bayi jelas dan menarik, tidak masalah jika kamu ingin memutarkan lagu atau audiobook dari komputer, CD player atau televisi untuk bayimu. Perlu dicatat untuk tidak memperdengarkan suara yang keras kepada bayi karena tidak baik bagi pendengaran si kecil.

Tips membacakan cerita untuk bayimu

Buku anak-anak dengan warna-warna yang terang dan kontras sangat membantu perkembangan dan antusiasme dari si bayi. Tidak perlu juga membacakan cerita hingga selesai, karena yang terpenting adalah waktu bersama orangtua dan bayinya adalah waktu yang menyenangkan. Bayimu dan kamu akan sangat senang ketika melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama-sama. Perbanyak interaksi dengan menunjukkan warna-warna dan bentuk atau dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada bayimu sehingga bayimu akan selalu tertarik membaca bersamamu.

Sumber: http://goo.gl/zmMJMg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s