11 Alasan Bayi Tidak Tidur di Malam Hari

image

Orangtua pasti ingin bayinya tidur sepanjang hari, namun berapa banyak orangtua yang tidak capek mengurusi anaknya pada malam hari? ^^ Ketika orangtua ingin tidur, eh si kecil malah bangun, padahal tidur sangat penting bagi perkembangan tubuh bayi sendiri. Nih, Citimami kasih tau mengapa bayi tidak tidur di malam hari:

1. Bayi Mempunyai Siklus Tidur yang Lebih Pendek

Orang dewasa memiliki siklus tidur yang lebih lama yaitu 90 menit sementara bayi memiliki siklus tidur hanya 60 menit paling lama. Siklus tidur ini adalah waktu ketika manusia benar-benar tertidur hingga terbangun, jadi dalam 90 menit pertama, manusia tidur, jika tidak terganggu, manusia akan melanjutkan tidurnya pada siklus tidur yang kedua dan seterusnya dan akan terbangun setelah kelipatan dari 90 menit seperti setelah 4 ½ jam, 6 jam, 7 ½ jam atau 9 jam. Untuk mami yang peduli dengan tidur cukupnya, boleh menggunakan aplikasi online praktis ini, kalkulator tidur.

Nah, pada bayi, siklus tidur mereka yang selama 60 menit, jika bayi terganggu tidurnya sedikit, bayi akan terbangun dan tidak heran jika setiap jam bayimu akan terbangun sendiri ketika terganggu oleh suara dll.

2. Bayi Bangun untuk Menarik Perhatian Orangtuanya

Bayi lebih mudah tidur di siang hari daripada pada malam hari. Karena apa? Karena kedua orangtua biasanya memberikan perhatian mereka pada malam hari dan bayi biasanya lebih senang ketika diberi perhatian dan waktu tidurnya pun akan terganggu.

3. Tidur Bayi tidak Selelap Tidur Orang Dewasa

Bayi tidak tidur selelap orangtuanya dan sudah jelas bahwa mereka sering terbangun oleh suara-suara kecil sekalipun.

4. Jam Alami Tidur pada Bayi Belum Ada

Manusia memiliki jam alami tidur, sehingga kita lebih mengantuk di malam hari ketimbang pada siang hari dan akan tidur di malam hari serta terbangun secara otomatis di pagi hari. Sayangnya, bayi belum bisa merespon jam alami tidur ini hingga dia berusia 2-5 bulan ke atas.

5. Bayi Mulai Terbiasa dengan Kemampuan Barunya

Ketika bayi sudah mulai bisa berjalan, memanjat, berguling, berbicara dan sebagainya, bayi cenderung lebih sering terbangun. Karena itu, pastikan mereka tetap mendapatkan tidur yang lebih banyak di siang hari agar waktu tidurnya cukup walaupun tidur malamnya terganggu.

6. Bayi Lapar di Tengah Malam

Bayi lebih mudah lapar di saat malam hari. Mami bisa belajar mengenai memberikan makan pada bayi di malam hari agar tidurnya tidak terganggu,

7. Sudah Seharusnya Bayi Terbangun di Malam Hari

Sudah alamiah ketika bayi tidak tidur terlalu lama dan sering terbangun dan terjaga selama proses tidurnya. Penelitian membuktikan bahwa ada perkembangan tubuh dan intelektual yang berlangsung ketika bayi terbangun dan tidak tidur di malam hari.

8. Bayi Ingin Dekat dengan Orangtuanya

Secara alami, bayi ingin selalu dekat dengan orangtuanya karena manusia selalu ingin dekat dengan hal-hal mereka sukai dan berguna bagi mereka seperti sumber makanan dan keluarga.

9. Bayi Butuh Bergerak Setelah Tidur

Bayi suka bergerak karena mereka belum mempunyai sensor yang baik untuk mewakilkan kebutuhan emosi dan fisik mereka seperti capek, sakit atau lapar. Maka dari itu, bayi akan cenderung menangis dan bergerak tidak karuan ketika mereka lapar, sakit atau kecapekan.

10. Gigi Bayi sedang Tumbuh

Proses tumbuh gigi bayi selalu membuat bayi merasa tidak nyaman terutama di malam hari. Proses ini dapat menyebabkan bayi mudah merasa capek, sakit perut dan hilang nafsu makannya.

11. Bayi Belajar Kemampuan Baru

Belajar berjalan, memanjat, berguling, merangkak, menggenggam dan sebagainya dapat membuat bayi terbangun di malam hari karena mereka membutuhkannya dan senang melakukannya. Bayimu akan cenderung bermain dan mengembangkan kemampuannya dengan asyik ketimbang tidur kembali karena mereka memang senang melakukannnya. ^^

Jadi, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk menjamin bayimu tidur dengan cukup yaitu :

  • Ciptakan rutinitas tidur yang baru seperti menggoyangkan, menepuk dan memandikannya agar bayi lebih mudah tidur setelah diperlakukan demikian
  • Mainkan musik lembut untuk bayimu
  • Buat suasana kamar tidur bayimu lebih gelap, menenangkan dan bebas gangguan.
  • Belajar membaca kebutuhan bayimu dan cepat penuhi kemudian buat bayimu tertidur kembali
  • Cobalah tidur ketika bayimu sudah tertidur sehingga kapasitas tidurmu pun tidak terganggu
  • Terkadang, membiarkan bayimu berhenti menangis dan tidur dengan sendirinya juga membantu

Selamat belajar dan mencoba tipsnya, mami!

Be a Happy Mami!

Sumber : http://goo.gl/KN0Shp dan http://goo.gl/HF3ZXI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s