Bahaya Tersembunyi dari Duduk yang Terlalu Lama

Tonton video yang di atas ini!

Bekerja, bersosialiasi dan bersantai adalah hal yang umumnya banyak kita lakukan pada zaman sekarang. Sadarkah kita bahwa pada zaman serba digital ini, kita semakin banyak menghabiskan waktu untuk duduk? Betul! Kita duduk saat makan, bekerja dengan komputer, menonton acara favorit kita, bermain video game, mengendarai mobil, motor dan juga saat naik kendaraan umum dan juga kita duduk saat bersosialisasi di kafe kopi. Anak-anak dan remaja juga banyak duduk saat mengikuti pelajaran di sekolah, menelusuri media sosial, menjelajah Internet dan belajar di rumah.

Tahukah mami bahwa terlalu banyak duduk dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes, obesitas dan kematian hampir 2x lipat? Itu betul, karena ketika duduk, apalagi dengan postur tubuh yang buruk, tubuh kita tidak banyak bergerak, metabolisme menurun sehingga kerja jantung melemah, tidak banyak darah yang dialirkan dan lemak tubuh tidak bisa terbakar.

Faktanya rata-rata manusia zaman sekarang (yang menghabiskan waktu di kantor dan rumah) hanya berjalan, berlari dan berolahraga sekitar 1 jam setiap hari. Itu artinya hanya 4% waktu tubuh kita berfungsi secara optimal dan fakta ini sangat BURUK! Satu jam berolahraga dan latihan olah tubuh yang dilakukan tidak akan bermanfaat maksimal bagi kesehatan jika kita banyak menghabiskan waktu dengan duduk setiap hari (hampir 16 jam!). Sementara nenek moyang kita menghabiskan waktu mereka berburu, bercocok tanam dan bekerja di luar rumah sehingga mereka memiliki sedikit penyakit dan umur yang panjang.

“Tapi, aku kan wanita karier, kalau tidak bekerja mau makan apa nanti?” “Bersantai kan harus duduk, kalau berdiri bukan bersantai namanya!” “Kalau ketemu klien harus duduk sambil ngopi dong, masa ngajak klien olahraga?” Betul! Zaman sekarang semakin mengekang kita untuk bekerja di depan komputer (semakin banyak pekerjaan yang menggunakan komputer sekarang), mencari uang, bersosialisasi dan bersantai. Apa yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan kita, sementara kita harus beraktivitas lebih banyak di kantor dan bersantai di rumah?? Hal yang sederhana yang bisa mami lakukan adalah:

  1. Duduk dengan postur tubuh yang benar, yaitu dengan tidak membungkuk dan terlalu menyender.
  2. Setiap duduk 30 menit, berdiri dan lakukan peregangan pada seluruh bagian tubuh, terutama lengan, bahu, pinggang dan kaki.
  3. Pilih kursi yang aktif saat duduk, yaitu kursi tanpa sandaran dan lengan atau kursi khusus agar tubuh tetap aktif bergerak sambil duduk.
  4. Berdiri dengan postur tubuh yang baik, tidak membungkuk dan tidak juga terlalu tegak.
  5. Saat ingin mengangkat barang yang berat dari lantai, jongkok dahulu baru berdiri, jangan membungkukkan badan terlalu jauh.
  6. Usahakan terus bergerak ketika bekerja sambil duduk, mungkin dengan mengambil minuman, mengunjungi teman sekantor di ruangan lain, membantu kawan seruangan mengambil barang dan sebagainya.
  7. Mengoperasikan komputer dengan berdiri juga baik untuk kesehatan asal juga jangan terlalu lama.
  8. Terus melatih kebiasaan baik ini dan setiap kali duduk, tetap sadar akan postur tubuh dan perbaiki jika kita duduk dengan postur yang salah.

94

good-bad-posture

correct-sitting-posture

good-bad-human-body-posture-stick-figure-picto-37526150

Keep learning! Be Happy Mami!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s