Kontroversi Hijab di Iran

Memasuki bulan Ramadhan, Citimami ingin berbagi cerita kepada mami sekalian. Ini cerita mengenai kontroversi memakai hijab di negara Iran. Memakai hijab wajib hukumnya bagi para wanita di negara Iran, dan pada tahun 2014, polisi moralitas Iran memperingatkan, menerangkan dan menangkap 3,6 juta wanita karena mengenakan pakaian yang tidak sesuai hukumnya.

Seorang jurnalis dan aktivis berkebangsaan Iran yang tinggal di Amerika Serikat, Masih Alinejad, ingin mengubah hukum ini, dan dia mulai mengundang para wanita di Iran untuk mengirimkan foto mereka tanpa hijab kepada Alinejad.

Masih Alinejad
Masih Alinejad

Alinejad membuat pertanyaan yang indah tentang ini dalam sebuah wawancara dengan Vox; “Ibuku ingin menggunakan hijab. Aku tidak ingin menggunakan hijab. Iran harusnya mendukung kami berdua, hak untuk berhijab dan hak tanpa hijab.”

“Ibuku ingin menggunakan hijab. Aku tidak ingin menggunakan hijab. Iran harusnya mendukung kami berdua, hak untuk berhijab dan hak tanpa hijab.”
“Dua wanita dengan hijab dan dua wanita tanpa hijab. Lihatlah bagaimana bebasnya mereka. Mereka hanya berjalan-jalan, melewati satu sama lain, tanpa menghakimi satu sama lain dan tentunya tanpa ditangkap oleh polisi. Bukankah hal tersebut indah? Aku ingin hal ini terjadi di negaraku.”

Masih Alinejad juga menambahkan, “Dua wanita dengan hijab dan dua wanita tanpa hijab. Lihatlah bagaimana bebasnya mereka. Mereka hanya berjalan-jalan, melewati satu sama lain, tanpa menghakimi satu sama lain dan tentunya tidak ditangkap oleh polisi. Bukankah hal tersebut indah? Aku ingin hal ini terjadi di negaraku.”

Di Facebook page-nya yang berjudul My Stealthy Freedom, telah terkumpul banyak foto wanita Iran tanpa hijab untuk membawa kesadaran bagi pemerintah Iran dan masyarakat dunia. Masih Alinejad mengunggah foto dirinya berhijab dan tanpa hijab berdampingan dan seterusnya diikuti oleh banyak wanita lainnya.

Menurut Citimami, yang tidak beragama Islam dan bukan keturunan Timur Tengah, menggunakan hijab atau tidak adalah hak setiap wanita di seluruh dunia. Ada yang memakainya karena alasan religius dan budaya dan ada juga yang tidak ingin memakai hijab karena alasan tertentu.

Berikut adalah beberapa foto yang dikirimkan. Bagaimana pendapatmu, mami??

Sumber : BoredPanda dan My Stealthy Freedom

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s