Apakah Gadget Baik untuk Anak?

Sumber Gambar: http://tekno.liputan6.com/read/2221103/mencengangkan-banyak-anak-di-bawah-1-tahun-pakai-smartphone

Siapa yang tidak kenal dengan gadget? Gadget dapat diartikan sebagai perangkat electronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Hampir setiap orang mempunyai gadget, mulai dari ponsel pintar, tablet maupun laptop. Menggunakan gadget sebenarnya memiliki banyak manfaat tapi begitu juga dengan kerugian yang disebabkannya.

Sifat gadget yang dapat meng-“hipnotis” anak ketika digunakan mungkin saja dapat mami gunakan untuk membuat anak tetap tenang dan tidak membuat rusuh ^^ Tetapi apakah di usia dini, anak dapat dengan aman menggunakan gadget?

Gadget sangat tidak dianjurkan untuk digunakan oleh anak di bawah dua tahun karena gadget dapat berdampak buruk bagi mereka seperti:

  1. Radiasi dari gadget berbahaya. Anak-anak akan lebih sensitif terhadap radiasi karena otak dan sistem kekebalan tubuhnya yang masih berkembang sehingga risiko mengalami masalah dari radiasi gadget lebih besar dari orang dewasa.
  2. Menggunakan gadget dapat membuat anak mengalami kurang tidur dan dapat menyebabkan turunnya prestasi mereka di sekolah karena susah berkonsentrasi.
  3. Otak bayi selalu berkembang sejak dilahirkan hingga berusia dua tahun. Salah satu faktor penting perkembangan otak ditentukan oleh rangsangan lingkungan sekitarnya. Balita yang otaknya selalu diekspos dengan gadget akan mengalami penundaan kognitif, peningkatan impulsif dan penurunan kemampuan untuk mengatur diri sendiri.
  4. Kemampuan anak untuk bersosialisasi juga akan berkurang karena dengan gadget, anak akan merasa asyik dengan dirinya sendiri tanpa perlu berkenalan, berteman dan bermain dengan anak-anak yang lain.

Maka dari itu Citimami ingin mengajak mami untuk tidak memperkenalkan gadget pada anak-anak hingga usia yang tepat, yaitu saat anak dapat mengatur waktu untuk belajar, bermain dan bersosialisasi. Sebaiknya berikanlah mainan edukatif pada anak mami seperti puzzle, balok susun dan lainnya. Menggunakan gadget yang tersambung ke Internet juga harus mendapatkan pengawasan ketat dari orangtua.

Alhasil, anak-anak Indonesia yang bebas dari gadget sebelum waktunya dapat merasakan indahnya masa kanak-kanak seperti zaman waktu mami kecil dahulu. Bereksperimen, menjelajah kampung, bermain mainan tradisional, berkenalan dan berteman dengan anak-anak lain serta kepribadian dan moralnya dapat terbentuk dengan baik seiring dengan kemampuan sosial dan akademisnya.

Sumber Artikel:

  1. http://health.detik.com/read/2015/09/17/110626/3021272/764/ini-alasan-mengapa-anak-di-bawah-usia-2-tahun-baiknya-tak-diberi-gadget
  2. http://health.kompas.com/read/2014/05/12/1640161/10.Alasan.Anak.Perlu.Lepas.dari.Gadget
  3. http://www.arrahmah.com/news/2014/12/09/beberapa-alasan-kenapa-anak-anak-harus-dijauhkan-dari-gadget.html
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s