Tips Memilih Training Cup yang Tepat untuk Anak

11550086_892c0ea2-f3ab-11e4-b8f9-bbf849bc7260

Di usia anak yang lebih dari satu tahun biasanya anak tidak menyusu lagi. Tetapi apakah anak akan menggunakan botol susu hingga anak meranjak besar di usianya? Mami haruslah menggunakan training cup, training cup ada tiga macam jenisnya. Berikut ini penjelasan fungsi dan perbedaan yang dikupas oleh Citimami dan Citimami juga ingin berbagi tips memilih training cup yang tepat, training cup memiliki tiga jenis dan tahap penggunaannya:

Spout Cup

Biasanya ketika bayi lahir hingga sembilan bulan pertamanya, bayi menggunakan botol susu selain menyusu ASI secara langsung. Ada baiknya ketika usia anak memasuki sembilan bulan ke atas, mami memperkenalkan anak minum susu menggunakan training cup yang berjenis spout cup. Spout cup memiliki tempat minum berbahan silikon yang lembut dan setidaknya mirip dengan puting ibu atau nipple botol susunya.

Anak tidak akan merasa bingung ketika mami melakukan transisi dari botol susu ke spout cup yang agak mirip. Disarankan juga kepada mami untuk memlilh spout cup yang memiliki pegangan. Selain memudahkan, pegangan cangkir juga dapat melatih kemandirian anak dan kemampuannya mengenggam barang.

11431501_445c53cc-3d39-4ca6-a782-7b5812229f1b

Citimami menjual spout cup dengan berbagai merk di Tokopedia dan Bukalapak lho, boleh dicek bila berminat! ^^

Straw Cup

Setelah anak terbiasa menggunakan spout cup, ada baiknya pada tahap berikutnya mami memperkenalkan gelas atau botol minum bersedotan/straw cup. Sebaiknya sedotan yang ada berlubang kecil agar cairan di dalam tidak langsung keluar terlalu deras.

Ada straw cup yang memiliki tutup yang menjaga kebersihan sedotan ada juga yang tidak, sebaiknya seluruh badan cangkir senantiasa bersih dan bebas kuman.

314714_f07ddfb8-f630-11e4-99e0-328464efb121

Citimami menjual spout cup dengan berbagai merk di Tokopedia dan Bukalapak lho, boleh dicek bila berminat! ^^

Real Cup

Nah, selanjutnya, setelah anak terbiasa dengan spout cup dan training cup, secara perlahan dan bertahap, mami bisa memberikan gelas sebenarnya, namun dalam ukuran kecil. Tentu saja jangan berharap anak langsung bisa minum dengan teratur dan tanpa tumpah. Justru dari pelajaran ini, anak akan dapat berusaha mengatur kemiringan gelas sehingga kemampuan motorik halus terasah dan pada akhirnya dapat minum dengan teratur dan tanpa tumpah sedikit pun.

Gelas sebaiknya terbuat dari bahan plastik yang aman untuk anak. Pilihan warna dan motif juga dapat mempengaruhi anak belajar minum karena warna dan motif yang menarik dapat membuat anak tertarik untuk menggunakannya.

Selamat mencoba!! Be Happy Mami!

Sumber Artikel:

  1. http://balitapedia.com/tips-melatih-si-kecil-agar-terbiasa-minum-dari-gelas/2523
  2. https://www.ibudanbalita.com/diskusi/cara-melatih-bayi-6-bln-minun-dgn-gelas-dot-bukan-botol
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s